Rabu, 01 Juni 2011

isotretinoin bulan ke 4

haii..sudah lama nggak posting di sini. Hehee..karna banyak kesibukan sebagai mahasiswa kedokteran ditambah rasa malas, jadinya selama 4 bulan nggak pernah posting.
Nggak kerasa aku sudah konsumsi isotretinoin 4 bulan. Dan hasilnya benar2 berbeda. Sekarang kulit wajahku sdh bebas minyak, dan jerawat meradang. Masih keluar sediki-sedikit tapi masih dalam batas normal. Aku berharap bahwa hasil terapi isotretinoinku ini permanen. Kondisi kulit wajah sudah membaik. Membaik maksudnya jerawat berkurang drastis, minyak berkurang drastis. Tapi mukaku sekarang juga sensitif kalo kena sinar matahari. Kalo kena sinar matahari saat siang hari, meski cuma beberapa menit, kulit wajahku cepat sekali memerah.
Kondisi kulit wajah-tangan-kaki-tubuh juga ikutan kering. Kondisi rambut juga jadi kering. Tapi berkat isotretinoin ini, aku jadi punya alasan untuk ke salon. Aku jadi rajin hair mask-creambath-hair spa.
Tiap satu bulan sekali aku harus cek laboratorium (darah lengkap, SGOT, SGPT, BUN, Kreatinin. Hal ini bertujuan untuk memantau fungsi hati, ginjal, dan gangguan metabolisme lainnya. Karena seperti yang aku biolang sebelumnya kalau obat isotretinoin ini bukan obat sembarangan. Ini adalah obat keras, harus diminum sesuai anjuran dokter dan dengan pengawasan ketat dokter.
Dan hasil laboratoriumku ini alhamdulillah normal semua.

21 komentar:

  1. tanya donk itu harus cek laboratorium juga ya?
    soalnya aku juga lagi perawatan wajah untuk masalah jerawat ni and dokter uda kasi aku minum isotret...
    uda 2 minggu aku minum isotret sehari sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum pemberian terapi isotretinoin ini sebaiknya memang harus periksa laboratorium untuk mengecek fungsi ginjal dan fungsi liver karena isotretinoin merupakan obat hepatotoksik. Dan pada orang hamil sangat diharamkan mengkonsumsi isotretinoin karena bisa menimbulkan kecacatan janin. Dan dalam proses terapi (yang biasanya membutuhkan 4-6 bulan/sesi) dianjurkan tes laboratorium lagi setiap bulan. Yang diperiksa fungsi ginjal, fungsi hati, profil lemak.

      Hapus
  2. minum isotret klo gak ke dokter bisa gak ya?
    saya sih dah baca efek samping nya..tapi saya co gk hamil kan jdi gk trlalu tkut...

    BalasHapus
  3. Sangat tdk direkomendasikan kl pemakaian isotretinoin tanpa diawasi dokter. Selama terapi isotretinoin, tiap bulan harus periksa lab untuk mengecek fungsi ginjal dan fungsi liver. Jika ada suatu efek samping, dokter akan menurunkan dosis.

    BalasHapus
  4. Itu lama flare up-nya berapa minggu? Tiap orang jangka waktu flare-upnya sama/beda2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbeda-beda. Bahkan tidak semuanya muncul flare up. Kalau saya, muncul flare up sekitar 2 minggu. Membaik setelah 1 bulan konsumsi. Dalam pemakaian bulan ketiga sudah membaik dan kulit wajah sudah tidak seperti tambang minyak :)

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak semua apotek menyediakan isotretinoin. Bahkan tidak semua dokter kulit punya sediaan isotretinoin. Saya pernah mencoba beli di apotek juga tidak ada. Jadi memang harus di dokter spesialis kulit tertentu.

      Hapus
  6. Kamu pake dosis berapa per hari? Dokterku cuma ngasih 10mg/day. Low dose yah, takut gak worth it

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu aku juga 10mg kok. Sepertinya yg dijual di Indonesia cuman sediaan yg 10mg. Kalo aku baca di artikel, seharusnya isotretinoin ini bisa sampe 20mg perhari. Tapi rata-rata dgn dosis 10mg perhari sudah terlihat kok efeknya. Biasanya kondisi kulit membaik mulai bulan ke 3 pemakaian isotret ini. Jadi tetep sabar dan telaten aja selama masa pengobatan :)

      Hapus
  7. Saya berencana akan mengambil terapi Accutane ini mbak menunggu pada saat liburan.
    Apakah bisa minta tolong untuk mengetahui biaya pada saat terapinya. Accutane, cek darah, dll. (maklum saya sedang tight budget)....
    Bila tidak bisa ditampilkan disini apakah bisa di email.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya sarankan sih awal pemakaian (1-2 bulan pertama) memang jgn banyak aktivitas diluar dulu. NAmun dulu saat saya awal terapi pun saya masih aktif kuliah tiap hari. Walhasil orang diselitar saya pun ikut komentar dgn kondisi wajah saya yg waktu itu flare up..
      Saya jawab berdasarkan pengalaman saya ya waktu saya berobat di dermatolog langganan. Jadi waktu itu saya lgsg diberi accutane 30 biji untuk pemakaian 1 bulan, harga per biji accutan Rp13.000 (silakan dikali 30 biji) dan untuk periksa laboratorium juga 300rb.
      Namun terakhir2 karna saya juga masih sekolah saya minta ke dokter kulit apakah bisa periksa labnya itu dijadikan 2 bulan sekali. Dan saat itu dokter kulit menyetujui.
      Memang, menggunakan terapi isotretinoin ini bnr2 menguras biaya dan juga kesabaran.
      Semoga berhasil :)

      Hapus
    2. Terima kasih mbak atas jawabannya....
      Begini mbak, apakah kira-kira bisa bertemu mbak secara langsung ya, untuk diskusi tentang Accutane/Isotretinoin ini.
      Sy sudah terlalu putus asa dengan jerawat yang saya derita ini.
      Saya ingin mengetahui after accutane (relaps dan efek jangka panjangnya dll)
      Terima kasih....
      Saya tunggu jawabannya :)

      Hapus
    3. seharusnya saya masukkan foto sebelum dan sesudah ya di blog ini ya. Pada saat itu, saya selalu difoto oleh dokter kulit klinik tempat saya berobat. Sebelum pemakaian, saat proses pengobatan, dan pada saat terakhir-terakhir terapi accutane. Hanya saja pada waktu itu saya tidak dibolehkan untuk minta file foto tsb untuk dokumen pribadi.
      Tapi akan saya usahakan menampilkan foto before and after treatment :)

      Hapus
  8. mau tanya mba kalau pake accutane hasilnya permanent ga? kalau boleh tanya, keadaan kulit mba setelah off accutane gimana ya sekarang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah terapi accutane kulit akan menjadi lebih baik dibandingkan jika tidak mengkonsumsi accutane. Hanya hasil di setiap orang berbeda. Ada beberapa orang yang post terapi accutane kulitnya benar-benar tidak keluar jerawat, namun ada juga yang kembali berminyak namun tidak separah sebelum terapi. Saya termasuk salah satu orang yang kulitnya kembali berminyak namun tidak separah sebelum terapi accutane. Saya masih keluar jerawat terutama menjelang mens tiap bulan, namun tidak sebesar dan tidak separah sebelum terapi accutane.
      Dokter kulit saya menyimpan foto-foto saya sebelum perawatan dan saat perawatan dan saat akhir terapi accutane. Hanya saja pada saat itu saya tidak diperbolehkan untuk minta foto tsb untuk dokumen pribadi saya.

      Hapus
  9. hai aku dikasih antibiotik 15 butir (satu butir per hari) dan accutane 30 butir oleh dokter kulitku. aku sudah selesai dengan rangkaian antibiotik tapi belum memasuki fase minum accutane nya dikarenakan aku sempat demam dan pilek kemarin jadi tuntasin sakit dulu hehe ga berani sambil campur minum accutane. sekarang sakitnya sudah sembuh tapi tetep belum masuk fase minum accutane karna….takut…hehehe :') karna aku sudah berjuta2 kali mencari tahu ttg obat accutane ini, dan memang, semua menunjukkan profile yg "seram".

    akhirnya utk membuktikan nya sendiri, aku ikutin sarah kamu utk cek lab yg meliputi cek darah lengkap, SGOT, SGPT, kreatinin, dan berhubung di form ngga ada BUN aku coba search BUN itu apa lalu aku pilih ureum apa gitu.... itu benar ga ya? cukup lengkap atau tidak? soalnya aku ngga paham yg profile lemak itu yg mana hehehehe

    BalasHapus
  10. halo, mba dokterku menyarankan untuk minum isotretinoin... masalah kulitku sih minyak berlebih sama pori-pori besar.. sebenrnya isotretinoin tuh serem ga sih mba? soalnya aku takut buat minumnya, efek sampingnya itu loh.. terlebih dokterku ga nyuruh aku buat cek hati, darah yg seperti itu... mohon dijawab ya mba..makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl dibilang serem bgt ya sebenernya enggak juga sih. Tp krn saya konsumsinya bulanan. Lbh dari 1 bulan makanya disarankan untuk cek fungsi liver sm ginjal. Selama penggunaan obat dibawah pengawasan dokter, masi relatif aman kok. Yg saya takutkan adalah habis baca blog ini trus pembaca ada yg beli roaccutan sembarangan trus minum sembarangan tanpa pengawasan dokter yg berkompeten..
      Roaccutan (isotret) aman jika digunakan sesuai dosis dan indikasi. Dan tentunya dibawah pengawasan dokter :)

      Hapus
  11. Maaf mba mau nanya, klinik langganannya apa ya? Sy mau coba. Krn sampai skrg bingung mau ke klinik yg mana saking banyaknya klinik dan dokter kulit, takut tidak cocok juga/ketergantungan. Sdgkan jerawat sy sdh trgolong parah.
    Tks

    BalasHapus
  12. dokter kulit km apa ya sis saya jg meradang bgt skrg jerawatnya

    BalasHapus